Viral Anak Buaya Muncul di Sungai Ngasinan Trenggalek, Ukurannya Selengan

Jumat, 28 Juni 2024 – 12:07 WIB
Viral Anak Buaya Muncul di Sungai Ngasinan Trenggalek, Ukurannya Selengan - JPNN.com Jatim
Penampakan anak buaya yang tertangkap alat senapan angin yang dimodifikasi untuk pancing warga di tepi Sungai Ngasinan, Desa Ngadirenggo, Trenggalek Jawa Timur. ANTARA/HO-foto tangkap layar infoseputar_trenggalek.

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Anak buaya seukuran lengan anak usia balita tertangkap menggunakan senapan angin yang dimodifikasi untuk pancing warga di aliran Sungai Ngasinan, Trenggalek, Kamis (27/6).

Video penemuan anak buaya muara (crocodilus porosus) itu diunggah warganet di Instagram infoseputar_trenggalek dan menjadi viral.

Kepala Seksi Bidang Pencegahan, Penanggulangan Kebakaran, dan Non-Kebakaran Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Trenggalek Burhanuddin menyatakan pihaknya masih terus memantau isu tersebut, namun belum bisa memastikan kebenarannya karena belum ada laporan sejauh ini.

"Siapa yang menemukan, kepastian lokasinya di mana, kami belum tahu. Sejauh ini kami juga tidak mendapatkan laporan atau aduan soal anak buaya itu," katanya.

Dia menduga video itu benar berada di Sungai Ngadirenggo,kemungkinan besar buaya sengaja dilepaskan seseorang. Sebab, ini belum ada laporan buaya ditemukan di sungai itu, apalagi sampai menyerang manusia.

"Kami bantu lakukan evakuasi, jika ada dasar laporan. Untuk penanganannya kalau hewan dilindungi kami koordinasikan dengan BBKSDA Jatim, kalau hewan tidak dilindungi kami rilis kembali di tempat yang jauh dari permukiman warga," tuturnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah termakan kabar yang belum tentu benar sehingga menimbulkan keresahan masyarakat, apalagi di era media sosial seperti saat ini rentan berseliweran informasi yang belum tentu dapat dipertanggungjawabkan.

"Kalau hati-hati dan waspada itu harus. Namun, yang penting kita juga harus jeli dan teliti karena di era seperti ini juga banyak video yang terkadang belum tentu benar," ujar dia.

Anak buaya seukuran lengan orang dewasa ditemukan di aliran Sungai Ngasinan, Trenggalek.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News