Jaga Kualitas Pangan Segar, Bapanas Serahkan Mobil Lab keliling untuk Sejumlah Daerah

Jumat, 21 Juni 2024 – 21:00 WIB
Jaga Kualitas Pangan Segar, Bapanas Serahkan Mobil Lab keliling untuk Sejumlah Daerah - JPNN.com Jatim
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi (kedua kanan) saat menyerahkan mobil laboratorium keliling di sela Peringatan Hari Keamanan Pangan Dunia atau World Food Safety Day (WFSD) 2024 di Surabaya, Jumat (21/6). Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Pangan Nasional (Bapanas) membagikan mobil laboratorium keliling untuk pengecekan pangan segar ke delapan provinsi di Indonesia.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menjelaskan mobil tersebut memiliki fungsi untuk mengecek keamanan pangan yang di dalamnya terdapat tes kit.

“Tes kit itu untuk mendeteksi kandungan berupa pestisida, boraks, dan beberapa zat yang tak diperkenankan untuk pangan segar,” kata Arief di sela Peringatan Hari Keamanan Pangan Dunia atau World Food Safety Day (WFSD) di Surabaya, Jumat (21/6).

Mobil laboratorium keliling itu akan diberikan kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bali, Kalimantan Timur, Maluku, Jambi, dan Papua Pegunungan. 

Arief menjelaskan untuk makanan dan minuman yang memiliki label BPOM maka tidak akan dilakukan pengecekan oleh Bapanas. Mobil tersebut hanya khusus mengecek pangan segar saja.

"Kalau yang sudah dipak (kemasan) ranahnya BPOM. Kalau untuk pangan segar ada di kami," jelasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono menyampaikan terima kasih kepada Bapanas karena sudah mendukung ketahanan pangan di wilayah setempat.

“Terima kasih, hari ini betul-betul mengingatkan soal ketahanan pangan sekaligus mengingatkan pemerintah agar mengampanyekan kesehatan pangan terbebas dari unsur-unsur membahayakan,” ucapnya.

Bapanas menyerahkan mobil laboratorium keliling ke delapan provinsi di Indonesia untuk menjaga kandungan pangan segar aman.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News