Sejarah Panjang Kota Pahlawan Bakal Dihadirkan dalam Event Surabaya Vaganza

Sabtu, 25 Mei 2024 – 21:30 WIB
Sejarah Panjang Kota Pahlawan Bakal Dihadirkan dalam Event Surabaya Vaganza - JPNN.com Jatim
Parade Mobil Hias dan Pawai Budaya atau Surabaya Vaganza bakal digelar besok, Minggu (26/5). Rutenya mulai Tugu Pahlawan sampai dengan Balai Pemuda. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Parade Mobil Hias dan Pawai Budaya atau Surabaya Vaganza bakal digelar pada Minggu (26/5). Rutenya mulai Tugu Pahlawan sampai dengan Balai Pemuda. 

Event itu merupakan kegiatan tahunan yang diadakan untuk menyambut Hari Jadi ke-731 Kota Surabaya (HJKS).

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Hidayat Syah menjelaskan tema yang diusung kali ini adalah ‘The Chronicle of Surabaya’. 

Tema itu menceritakan tentang perjalanan panjang sejarah Kota Pahlawan dari masa ke masa. 

“Jadi, menceritakan Surabaya sebelum era kerajaan, era kolonial, dan Surabaya di era sekarang. Nanti parade mobilnya itu jalan berurutan sesuai dengan era yang diceritakan,” kata Hidayat, Jumat (24/5).

Hidayat mengungkapkan Surabaya Vaganza akan digelar mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Acara itu dimulai siang hari karena paginya ada Medic Air Run yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran UNAIR.

“Nah itu (Medic Air Run) akan melalui rute dari FK UNAIR sampai ke Jalan Tunjungan, lalu kembali ke FK UNAIR,” jelasnya.

Peserta pawai mobil hias Surabaya Vaganza berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau di HJKS ke-730 melibatkan peserta dari jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), swasta, dan perguruan tinggi.

Surabaya Vaganza 2024 bakal menghadirkan cerita sejarah panjang tentang Kota Pahlawan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News