BPBD Sebut Gempa Bumi di Tuban Terjadi 16 Kali

Jumat, 22 Maret 2024 – 16:46 WIB
BPBD Sebut Gempa Bumi di Tuban Terjadi 16 Kali - JPNN.com Jatim
Peta gempa bumi berkekuatan 6 magnitudo yang berpusat di wilayah Tuban, Jawa Timur pada Jumat (22/3/2024) siang pukul 11.22 WIB. ANTARA/HO-BMKG

jatim.jpnn.com, TUBAN - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Sudarmaji menotal ada 16 kali gempa yang terjadi di kabupaten setempat hari ini, Jumat (22/3).

"Gempa diikuti gempa susulan yang tercatat BMKG Tuban sebanyak 16 kali. Terakhir berkekuatan magnitudo 3,5," kata Sudarmaji.

Dia mengungkapkan kerusakannya terjadi di dua titik. Pertama, Desa Glagahsari, Kecamatan Soko. Kedua, Desa Dagangan, Kecamatan Parengan.

"Sekarang ini, BPBD masih terus melakukan pendataan, asesmen, dan mengecek ulang di lapangan," ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan sejumlah daerah di Pulau Jawa mengalami getaran berkekuatan skala intensitas III-IV MMI akibat gempa bumi yang berpusat di wilayah Tuban pada siang ini pukul 11.22 WIB.

BMKG mencatat gempa susulan terjadi lebih dari lima kali sejak gempa awal dengan magnitudo 6,0 pada Jumat pukul 11.22 WIB di 132 kilometer timur laut Tuban, Jawa Timur, dengan kedalaman 10 kilometer.

Hingga Jumat pukul 13.18 WIB masih terjadi gempa susulan dengan magnitudo 3,5, sebelumnya terjadi gempa susulan dengan magnitudo 3,0 pada pukul 13.09 WIB.

Berikutnya, pukul 13.06 WIB gempa dengan magnitudo 3,6, dan pukul 13.05 WIB gempa dengan magnitudo 4,1. Dari data BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami. (antara/faz/jpnn)

Sejak menjelang jumatan tadi, gempa yang berpusat di Tuban terjadi sebanyak 16 kali. Berikut informasi selengkapnya.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News