Gempa Tuban Terasa di Beberapa Daerah Akibat Sesar Aktif di Laut Jawa

Jumat, 22 Maret 2024 – 13:49 WIB
Gempa Tuban Terasa di Beberapa Daerah Akibat Sesar Aktif di Laut Jawa - JPNN.com Jatim
Peta gempa bumi berkekuatan 6 magnitudo yang berpusat di wilayah Tuban, Jawa Timur pada Jumat (22/3/2024) siang pukul 11.22 WIB. ANTARA/HO-BMKG

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rentetan gempa bumi tektonik yang mengguncang Tuban berjenis gempa dangkal yang diakibatkan adanya aktivitas sesar aktif di laut Jawa. Hasil dari analisis mekanisme sumber yang menunjukkan pergerakan geser dalam proses tersebut.

Sejumlah daerah di Pulau Jawa pun ikut mengalami getaran berkekuatan skala intensitas III-IV MMI akibat gempa bumi yang berpusat di Tuban pada Jumat (22/3) sekitar pukul 11.22 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Daryono mengatakan gempa berkekuatan magnitudo 6 berpusat di laut 132 kilometer timur laut itu dirasakan semua orang secara nyata di dalam rumah hingga benda berat bergoyang dan kerusakan ringan pada bangunan.

Adapun dampak getaran dengan skala intensitas tersebut dirasakan oleh masyarakat di Bawean, Jepara, Kudus, Semarang, Blora, dan Pekalongan (Jawa Tengah).

Selanjutnya Jawa Timur (Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang), D.I Yogyakarta.

“Gempa susulan dalam pengamatan terakhir terjadi sebanyak sepuluh kali dengan skala 2,9 hingga 2,9 hingga pukul 13.18 WIB," ujarnya.

Pihaknya memastikan daru hasil analisis gempa bumi tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Namun, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya di luar dari apa yang dilaporkan secara resmi oleh BMKG.

Hasil analisis tersebut bisa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (antara/mcr12/jpnn)

Gempa susulan terjadi sebanyak sepuluh kali setelah gempa pertama mengguncang Tuban dengan kekuatan magnitudo 6.0 .

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News