Kelebihan Kapasitas, Pemkot Surabaya Siapkan Panti Baru untuk Warga Lansia Terlantar

Jumat, 15 Maret 2024 – 18:53 WIB
Kelebihan Kapasitas, Pemkot Surabaya Siapkan Panti Baru untuk Warga Lansia Terlantar - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas Sosial Surabaya Anna Fajriatin. Foto: Diskominfo Surabay

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan panti Griya Werda baru sebagai pusat penampungan lanjut usia (lansia) terlantar. 

Panti baru itu terletak di Kawasan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal, Surabaya. Alasannya, tempat untuk menampung lansia yang berada di UPTD Griya Wreda Jambangan dan UPTD Kalijudan sudah kelebihan kapasitas.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya Anna Fajriatin menjelaskan pembangunan panti Griya Wreda yang baru itu akan dimulai pada 2024.

Menurutnya, panti Griya Werdha yang baru diproyeksikan mampu menampung sekitar 300 hingga 350 orang lansia.

“Ini akan dibangunkan satu lokasi tersendiri. Saat ini kan masih terpisah. Sekarang lagi on proses sehingga nanti penanganannya akan lebih komprehensif menjadi satu,” kata Anna, Jumat (15/3).

Anna mengungkapkan lokasi Panti Griya Werdha yang baru itu merupakan bekas bangunan penampungan penderita penyakit kusta di Babat Jerawat.

Saat ini, para eks penderita kusta tersebut mayoritas telah sembuh dan sebagian lagi telah dipulangkan ke kampung halaman mereka masing-masing. 

“Ada yang sudah pindah ke rumah susun. Ada juga yang sudah punya rumah sendiri dengan hasil yang dia dapatkan dan ada yang sudah kami pulangkan,” ujarnya.

Pemkot Surabaya siapkan panti Griya Werda baru untuk tampung lansia terlantar, ini alasanya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News