Imbauan Buat Masyarakat Jatim, Waspada Bencana Hidrometeorologi Selama Sepekan

Kamis, 08 Februari 2024 – 11:06 WIB
Imbauan Buat Masyarakat Jatim, Waspada Bencana Hidrometeorologi Selama Sepekan - JPNN.com Jatim
Ilustrasi bencana hidrometeorologi terkait perkembangan dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur. Ilustrasi: Sultan Amanda/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - BMKG Juanda mengeluarkan imbauan kepada masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem di Jatim dalam sepekan ke depan. Imbauan itu muncul karena ada potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin kencang, dan tanah longsor.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo Taufiq Hermawan mengatakan masyarakat diminta waspada potensi cuaca ekstrem selama periode 7-13 Februari 2024 di beberapa wilayah di Jatim.

"Cuaca ekstrem saat puncak musim hujan ini berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor, banjir, angin kencang, dan puting beliung," ujar Taufiq, Rabu (7/2).

Beberapa wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem di Bangkalan, Kota Batu, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jombang, dan Kota Kediri, Lamongan, Kota Madiun, Madiun, Magetan, Kota Malang, Nganjuk, Pacitan, Pamekasan, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Sampang, dan Sidoarjo.

"Cuaca ekstrem juga berpotensi terjadi di Sumenep, Kota Surabaya, Trenggalek, Tuban, Kediri, Mojokerto, Probolinggo, Pasuruan, Banyuwangi, Blitar, Jember, Lumajang, Malang, Ngawi, Ponorogo, Situbondo, Tulungagung, Kota Blitar, dan Kota Mojokerto," katanya.

Dia menjelaskan saat ini wilayah Jatim telah memasuki puncak musim hujan dengan suhu muka laut di perairan yang hangat mengakibatkan peningkatan pasokan air di atmosfer.

"Kelembapan udara yang tinggi mulai lapisan bawah hingga atas mendukung terbentuknya awan-awan konvektif yang masih serta adanya daerah konvergensi atau pertemuan massa udara dan gangguan gelombang atmosfer Kelvin mendukung terbentuknya daerah pumpunan awan hujan di Jatim," tuturnya.

BMKG Juanda mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang selama sepekan ke depan.

Masyarakat Jatim diimbau mewaspadai bencana hidrometeorologi cuaca ekstrem selama 7-13 Februari 2024.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News