Wali Kota Surabaya Kini Punya 17 Asisten Muda, Tugasnya?

Senin, 29 Januari 2024 – 15:13 WIB
Wali Kota Surabaya Kini Punya 17 Asisten Muda, Tugasnya? - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bakal punya belasan asisten muda untuk membantu mengakomodasi aspirasi generasi muda soal rencana dan penerapan program pembangunan daerah setempat.

"Februari jalan. Nanti, asisten muda itu turun di masing-masing perkampungan," kata Eri, Senin (29/1).

Setidaknya ada 17 pemuda sudah ditetapkan sebagai tangan kanan Wali Kota, yang disaring dari 300 pendaftar terpilih seusai mengikuti beberapa tahapan seleksi.

Para pendaftar semuanya dipersyaratkan, antara lain, warga ber-KTP Surabaya, berusia 18-25 tahun, lulusan SMA/SMK/Madrasah Aliyah (MA), dan punya pengalaman dalam kegiatan keorganisasian maupun sukarelawan.

Eri menyebut rekrutmen asisten muda itu bertujuan melatih kepemimpinan dan kesiapan para pemuda sebagai calon pemimpin di tengah perkembangan kondisi zaman.

Oleh karena itu, anak-anak muda sudah harus dibiasakan menghadapi persoalan yang dihadapi oleh sesama kalangan.

"Kalau jadi pemimpin jangan cari popularitas, jangan ingin dianggap sebagai orang terkenal, tetapi dia harus bisa memberikan manfaat untuk orang lain," ujarnya.

Adapun teknis penugasannya, belasan asisten muda itu diterjunkan secara bergantian dalam kurun waktu tiga bulan.

Setiap persoalan yang ditemukan oleh para asisten muda kemudian dibahas bersama-sama untuk menemukan solusinya. Nantinya, dari hasil pertemuan tersebut dijadikan acuan merumuskan kebijakan.

Para asisten muda Wali Kota Surabaya tersebut nantinya akan berkesempatan merasakan menjadi kepala dinas satu hari.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News