3 KA Tujuan Surabaya Telat Imbas Kecelakaan Kereta di Bandung

Jumat, 05 Januari 2024 – 14:56 WIB
3 KA Tujuan Surabaya Telat Imbas Kecelakaan Kereta di Bandung - JPNN.com Jatim
KA Turangga bertabrakan dengan commuter line Bandung Raya di Cicalengka. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PT KAI Daop 8 Surabaya menyebutkan tiga kereta api jarak jauh dari Bandung mengalami keterlambatan kedatangan di Stasiun Gubeng imbas kecelakaan antara KA Commuter Line Bandung Raya dan KA Turangga, Jumat (5/1) pagi.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengungkapkan keterlambatan tersebut karena adanya perubahan pola operasi perjalanan KA akibat proses evakuasi dan normalisasi jalur yang dilakukan oleh petugas.

"Yang seharusnya melalui petak jalan Kroya Banjar Cicalengka dan Bandung dialihkan lewat petak jalan Kroya menuju Purwokerto Cirebon Cikampek dan Bandung," katanya tertulis.

Dia memerinci tiga KA yang terlambat, yakni KA Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng, KA Pasundan relasi Kiaracondong - Bandung, dan KA Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong - Bandung.

Luqman memperkirakan keterlambatan tersebut terjadi satu hingga dua jam dari jadwal seharusnya.

"KA Argo Wilis seharusnya tiba di Stasiun Gubeng pukul 17.35 WIB, KA Pasundan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 23.54 WIB, serta KA Pasundan Tambahan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 22.55 WIB," ujarnya.

Luqman menerangkan KAI mendatangkan rangkaian alat berat berupa crane dari Solo dan juga Cirebon serta lokomotif penolong untuk mengevakuasi sarana yang terdampak. Selain itu, KAI juga mengerahkan tim prasarana untuk menormalisasi jalur KA.

Ssebagai bentuk kompensasi atas keterlambatan kedatangan KA kepada pelanggan, KAI memberikan service recovery berupa minuman, makan ringan, hingga makanan berat bagi pelanggan KA yang terdampak.

"KAI menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak tersebut. Kami dengan pihak-pihak terkait terus melakukan upaya evakuasi dan normalisasi jalur agar perjalanan kembali lancar," tuturnya.

Sebelumnya, kecelakaan kereta terjadi antara KA Turangga dengan KA Lokal Bandung di jalur petak Stasiun Cicalengka Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (antara/faz/jpnn)

Kecelakaan kereta hari ini di Bandung menyebabkan perubahan pola operasi perjalanan KA dan mengakibatkan keterlambatan.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News