Warga Jabodetabek Mudik, Penumpang di Terminal Purboyo Meningkat Tajam

Jumat, 29 Desember 2023 – 14:38 WIB
Warga Jabodetabek Mudik, Penumpang di Terminal Purboyo Meningkat Tajam - JPNN.com Jatim
Forkopimda Kota Madiun meninjau kesiapan fasilitas, sarana, dan prasarana di Terminal Purboyo Madiun guna mengantisipasi lonjakan penumang menghadapi libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

jatim.jpnn.com, MADIUN - Jumlah penumpang bus di Terminal Purboyo, Kota Madiun pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 meningkat signifikan dibandingkan akhir pekan biasan.

Penanggung Jawab Terminal Purboyo Madiun Agung Jaya mengungkapkan kenaikan itu mendekati 10 ribu penumpang per hari, sedangkan akhir pekan biasa hanya berkisar 5 ribu penumpang.

"Peningkatan berlaku untuk penumpang naik dan juga turun di Terminal Purboyo. Estimasi puncak kedatangan pada 29 dan 30 Desember ini dengan jumlah penumpang sekitar delapan ribu orang," ujarnya, Jumat (29/12).

Menurutnya, rata-rata penumpang turun di Terminal Purboyo Madiun berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) maupun dari Surabaya serta sekitarnya.

Untuk menghadapi lonjakan penumpang tersebut, pihaknya telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana yang memadai.

"Itu (sarana prasarana) kami maksimalkan agar penumpang lebih nyaman ketika berada di Terminal Madiun," kata dia.

Selain itu, Polres Madiun Kota juga membuka posko pengamanan di Terminal Purboyo dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2023. Pos pengamanan itu bertujuan memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat di Terminal Purboyo.

Agung menyampaikan jumlah armada bus yang masuk ke Terminal Purboyo Madiun rata-rata mencapai 400 unit setiap harinya. Jumlah tersebut kemungkinan mengalami kenaikan lima persen seiring momentum libur akhir tahun.

Jumlah penumpang di Terminal Purboyo Madiun pada liburan akhir tahun ini meningkat 100 persen dibandingkan pada akhir pekan biasa.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News