Curah Hujan Meningkat, Polda Jatim Siapkan Pasukan Hadapi Bencana

Selasa, 21 November 2023 – 16:34 WIB
Curah Hujan Meningkat, Polda Jatim Siapkan Pasukan Hadapi Bencana - JPNN.com Jatim
Kapolda Jatim Irjen Pol. Imam Sugianto saat mengecek kesiapan dan peralatan anggota untuk menghadapi bencana hidrometeorologi. (ANTARA/HO-Bidhumas Polda Jatim)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Polda Jatim menyiapkan pasukan untuk menghadapi bencana hidrometeorologi melalui Apel Gelar Pasukan dan Peralatan di mapolda setempat, Selasa (21/11).

"Apel itu untuk konsolidasi dan koordinasi serta mengecek sarana prasarana kesiapan kami dalam mengantisipasi dan menghadapi bencana hidrometeorologi," kata Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto seusai apel.

Jenderal bintang dua itu menerangkan apel tersebut dilaksanakan lebih awal karena di akhir bulan ini sudah masuk tahapan Pemilu 2024.

Selain itu, dia memperkirakan puncak peningkatan curah hujan tinggi akan berakhir pada Februari 2024.

"Berdasarkan informasi dari BMKG di November akhir ini, intensitas curah hujan akan meningkat. Puncaknya Februari. Peningkatan itu bisa terjadi antara 20-70 persen. Semua itu karena dampak La Nina," ujar Imam.

Setelah apel siaga bencana tersebut, Polda Jatim bersama pemangku kepentingan akan segera berkoordinasi untuk menetapkan posko siaga bencana.

Berdasar data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun lalu, ada 153 kejadian bencana banjir di Jawa Timur ditambah lagi tanah longsor dan puting beliung.

Dia mengungkapkan sejumlah wilayah yang diwaspadai ialah wilayah pegunungan, wilayah aliran Sungai Brantas, wilayah yang mendekati garis pantai, dan wilayah bagian barat di Jawa Timur.

Menurut BMKG, intensitas curah hujan akan meningkat hingga puncaknya pada Februari 2024. Mengantisipasi potensi bencana, Polda Jatim menyiagakan pasukan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News