Pemkab Sidoarjo Lanjutkan Renovasi Ribuan Warung Rakyat, Kini Libatkan Warga

Kamis, 26 Oktober 2023 – 09:49 WIB
Pemkab Sidoarjo Lanjutkan Renovasi Ribuan Warung Rakyat, Kini Libatkan Warga - JPNN.com Jatim
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali meninjau warung yang menjadi sasaran program Renovasi 2.000 Warung Rakyat. Foto: dok. Pemkab Sidoarjo

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Pemkab Sidoarjo meneruskan program Renovasi 2.000 Warung Rakyat dengan berencana merenovasi 410 warung berskala kecil dan mikro hingga akhir tahun ini.

Ratusan warung tersebut tersebar di enam kecamatan, yakni Buduran, Gedangan, Waru, Taman, Balongbendo dan Wonoayu.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan program itu merupakan kelanjutan dari program serupa yang diluncurkan tahun lalu.

Targetnya, dalam lima tahun atau hingga 2026, akan ada 2.000 warung rakyat yang direnovasi oleh Pemkab Sidoarjo. Jadi, sekitar 400 warung tiap tahunnya.

Pemkab Sidoarjo Lanjutkan Renovasi Ribuan Warung Rakyat, Kini Libatkan WargaGus Muhdlor (sapaan bupati) menjelaskan program itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas warung para pengusaha kecil dan mikro. Foto: Dok. Pemkab Sidoarjo

“Harapannya, kualitas warung-warung yang direnovasi itu bisa lebih baik, mendatangkan lebih banyak pelanggan, dan akhirnya meningkatkan pendapatan dan ekonomi warga,” katanya tertulis.

Renovasi yang dilakukan bervariasi sesuai kebutuhan warung tersebut, seperti pemberian label atau identitas warung, pengecatan dan perbaikan dinding, lantai, pintu dan jendela, ataupun perbaikan sanitasi.

Berbeda dengan tahun lalu yang pengerjaan renovasi dilakukan kontraktor swasta dengan sistem lelang, tahun ini renovasi warung akan dilakukan secara swakelola yang dikerjakan oleh kelompok masyarakat (Pokmas) di desa itu sendiri.

Dengan sistem ini, akan ada lebih banyak masyarakat yang akan mendapatkan manfaat dari program tersebut. Bukan hanya pemilik warung, melainkan juga warga dapat terlibat dalam program tersebut melalui Pokmas.

Gus Muhdlor berharap konsep Renovasi 2.000 Warung Rakyat tahun ini mampu lebih meningkatkan perputaran ekonomi warga Sidoarjo.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News