Spesies Unggas Liar Kian Terancam, Taman Safari Prigen Ambil Peran

Selasa, 17 Oktober 2023 – 20:26 WIB
Spesies Unggas Liar Kian Terancam, Taman Safari Prigen Ambil Peran - JPNN.com Jatim
Taman Safari Prigen jadi tuan rumah International Galliformes Symposium yang ke-8. Foto: Dok Taman Safari Prigen

jatim.jpnn.com, PASURUAN - Taman Safari Prigen, peneliti, dan pemerhati hewan dari berbagai negara menaruh perhatian terhadap spesies unggas liar.

Spesies tersebut seperti sempidan merah (L.erythrophthalma), puyuh gonggong Jawa Timur (A.orientalis), serta merak hijau Jawa (P.muticus muticus).

Sebagai tuan rumah International Galliformes Symposium ke-8, Taman Safari Prigen menerima dukungan dalam upaya konservasi yang diselenggarakan pada 9-13 Oktober 2023.

Komisaris Taman Safari Indonesia Tony Sumampauw mengatakan acara itu diadakan oleh World Pheasant Association (WPA).

"Acara itu menjadi ajang bagi pelaku konservasi untuk menyampaikan pentingnya melakukan upaya konservasi unggas liar," ujar Tony, Selasa (17/10).

Menurutnya, acara tersebut juga menjadi pengingat bahwa situasi hewan di alam liar itu makin memburuk akibat berkurangnya habitat imbas perburuan.

"Kami memperhatikan masalah yang nyata selain studi pengamatan perilaku unggas liar di habitat aslinya dan di dalam penangkaran," tuturnya.

Tony menilai International Galliformes Symposium menyolidkan berbagai pihak dan antarnegara dalam konservasi dan kajian tentang unggas liar.

Taman Safari Prigen jadi tuan rumah Internasional Galiformes Symposium ke-8. Mereka dapat dukungan dalam upata konservasi
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News