Lereng Gunung Raung di Jember Kebakaran, Luasnya Mencapai 20 Hektare

Senin, 02 Oktober 2023 – 12:07 WIB
Lereng Gunung Raung di Jember Kebakaran, Luasnya Mencapai 20 Hektare - JPNN.com Jatim
Petugas gabungan berusaha memadamkan karhutla di Desa Slateng, Kabupaten Jember, Minggu (1/10). (ANTARA/VJ Hamka Agung Balya)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) milik Perhutani di sisi barat lereng Gunung Raung, tepatnya di Desa Slateng, Kabupaten Jember terjadi pada Minggu (1/10) malam.

Kepala BPBD Jember Penta Satria mengatakan petugas gabungan berusaha memadamkan karhutla tersebut.

"Karhutla milik Perhutani dengan luasan lahan sekitar 20 hektare sehingga petugas gabungan berusaha memadamkan hingga hari ini," kata Penta, Senin (2/10).

Beberapa personel yang terlibat memadamkan karhutla tersebut antara lain BPBD, Polri, TNI, Perhutani, Tagana, beberapa sukarelawan, dan masyarakat yang berada di sekitar lokasi.

"Petugas kesulitan memadamkan kebakaran karena sulitnya sumber mata air, terbatasnya personel, sulit sinyal untuk berkomunikasi melalui telepon seluler, dan akses jalan mobil pemadam kebakaran tak bisa menjangkau lokasi karhutla," ujarnya.

Dia menjelaskan petugas melakukan pemadaman dengan alat alkon pemadam, peralatan gepyok, dan cangkul serta membuat ilar-ilar memutus rantai titik api agar karhutla tidak meluas.

"Kami juga meminta 14 KK atau 30 jiwa di rumah hunian sementara di sekitar lokasi karhutla mengungsi ke tempat aman karena jarak permukiman warga dengan titik api sekitar 100-200 meter," tuturnya.

Pihak BPBD Jember juga mendistribusikan bantuan sembako, tandon air, mengirim alat penerang, dan Tim Reaksi Cepat BPBD membawa tandon yang berisi air dengan kapasitas 1.200 liter ke lokasi karhutla.

Petugas gabunan berusaha memadamkan kebakaran hutan di lereng Gunung Raung dan saat ini masih delapan hektare masih terbakar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News