Sumenep Salurkan 3.000 Ton Beras SPHP

Minggu, 01 Oktober 2023 – 16:31 WIB
Sumenep Salurkan 3.000 Ton Beras SPHP - JPNN.com Jatim
Pemkab Sumenep menyalurkan ribuan ton beras SPHP . Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Sebanyak tiga ribu ton beras digelontorkan Pemkab Sumenep untuk menekan kenaikan harga beras premium di pasaran melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Pemkab Sumenep Dadang Dedy Iskandar menyampaikan beras itu merupakan bantuan pemprov melalui Perum Bulog.

"Malam ini, sudah tiba di Sumenep dan langsung kami distribusikan dalam bentuk kegiatan pasar murah," katanya, Sabtu (30/9).

Beras SPHP merupakan jenis beras yang dijual langsung kepada konsumen atau masyarakat dengan harga miring.

"Yang kami sediakan untuk operasi beras murah perdana sebanyak delapan ton dari total yang kami terima," ujar Dadang.

Beras SPHP bantuan Pemprov Jatim itu juga disalurkan untuk bantuan pangan pada warga miskin di Sumenep, termasuk petani yang mengalami gagal panen akibat bencana alam.

Berdasarkan pantauan, harga beras di pasaran saat ini antara Rp13.500 hingga Rp14 ribu per kilogram di tingkat konsumen.

"Harga beras di pasaran menjadi mahal karena banyak petani gagal panen karena kemarau panjang," ucap Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sumenep Idham Halil. (antara/faz/jpnn)

Pemkab Sumenep menyalurkan beras SPHP tersebut untuk menekan harga beras pasaran dan sebagai bantuan warga terdampak gagal panen.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News