Ganjar Ronggolawe Bantu Kembangkan Pariwisata Lokal Lewat Festival Tongklek

Minggu, 17 September 2023 – 12:36 WIB
Ganjar Ronggolawe Bantu Kembangkan Pariwisata Lokal Lewat Festival Tongklek - JPNN.com Jatim
Musik tongklek yang kerap dimainkan untuk membangunkan sahur menjadi kesenian khas Tuban. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, TUBAN - Sukarelawan Ganjar Pranowo (GP) Ronggolawe membantu mengembangkan kesenian khas Tuban bernama Tongklek dengan menggelar Tuban Fashion Carnival & Festival Tongklek 2023 pada Sabtu (16/9) malam.

Kegiatan itu sekaligus menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024 kepada warga sekitar lokasi di Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

"Hari ini kita mengadakan kegiatan adat nusantara yang berisi festival Tongklek sama fashion show, terus juga ditambah mengumpulkan UMKM (bazar Usaha Mikro Kecil Menengah)," kata Koordinator GP Ronggolawe Fajar Cahyo.

Dia menjelaskan acara tersebut diisi penampilan beberapa grup musik tongklek dari berbagai wilayah di Tuban dan sekitarnya. Setiap penampilan peserta telah dinilai untuk mendapatkan piala.

Fajar berharap hadiah yang disediakan oleh para sukarelawan GP Ronggolawe dapat memotivasi para pegiat musik tongklek untuk terus melestarikan bahkan mengembangkan kesenian tersebut.

Menurutnya, tongklek terbilang sebagai kesenian tradisional yang baru berkembang dalam satu sampai dua dekade terakhir di wilayah Pantai Utara Jawa termasuk Kabupaten Tuban.

"Tongklek itu basisnya musik patrol, musik untuk membangunkan orang sahur, tetapi dulu hanya kentongan dan sekarang dengan improvisasi dari anak-anak muda ditambah gamelan ditambah gong sehingga menjadi ciri tersendiri untuk hari ini," ujarnya.

Kreasi musik tongklek yang ditampilkan para peserta kegiatan kali ini cukup beragam dengan percampuran berbagai unsur musik lain dari mulai musik tradisional hingga musik-musik modern.

Ganjar Ronggolawe mengubah citra Tongklek dari sekadar musik untuk membangunkan sahur menadi kesenian khas Tuban.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News