Orang Muda Ganjar Latih Milenial di Blitar Mengolah Limbah Jadi Sabun 

Sabtu, 29 Juli 2023 – 19:02 WIB
Orang Muda Ganjar Latih Milenial di Blitar Mengolah Limbah Jadi Sabun  - JPNN.com Jatim
MIlenial di Blitar saat mengolah limbah menjadi deterjen untuk mencuci pakaian. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Orang Muda Ganjar (OMG) menggelar pelatihan pengolahan limbah menjadi sabun multifungsi di Guest House Faras, Desa Kauman, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jumat (28/7).

Ketua OMG Blitar M Saiful Rohman mengatakan pelatihan itu mengajarkan keterampilan membuat sabun deterjen kepada milenial dengan memanfaatkan limbah sehari-hari.

Sabun yang dihasilkan dari pelatihan tersebut bisa digunakan mencuci pakaian dan membersihkan peralatan dapur seperti mencuci piring.

"Kami mengadakan pelatihan membuat sabun multifungsi. Harapannya teman-teman milenial bisa memanfaatkan bahan limbah salah satunya bisa menjadi deterjen," kata Saiful.

Sabun yang dihasilkan dari limbah minyak goreng, air pembusa, zat pewarna, air campuran, dan bahan-bahan lain yang sudah didaur ulang. Produk sabun yang dihasilkan telah melalui uji keamanan sehingga aman digunakan.

"Peserta diajarkan tentang bahan-bahan yang digunakan dan proses pengolahannya hingga menjadi sebuah produk," ujarnya.

Saiful berharap para peserta, terutama kaum milenial dapat membuat sabun dengan kreativitas mereka sendiri untuk digunakan di rumah, sekaligus berpotensi memperjualbelikannya agar meningkatkan nilai ekonomi.

"Bukan hanya untuk pemakaian pribadi, namun juga diharapkan dapat membantu meningkatkan taraf hidup dan ekonomi mereka," tuturnya.

Milenial di Blitar dilatih mengolah limbah menjadi sabun untuk mencuci pakaian dan nilai ekonomis.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News