Pokdarwis Medokan Ayo Minta Dilibatkan dalam Pengelolaan Kebun Raya Mangrove

Rabu, 26 Juli 2023 – 08:25 WIB
Pokdarwis Medokan Ayo Minta Dilibatkan dalam Pengelolaan Kebun Raya Mangrove - JPNN.com Jatim
Sejumlah anggota Pokdarwis Medokan Ayu yang menginginkan dilibatkan dalam pengelolaan Kebun Raya Mangrove Surabaya. Foto: Dok. Budi untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Medokan Ayu ingin dilibatkan dalam pengelolaan Kebun Raya Mangrove Surabaya yang sebentar lagi akan beroperasi.

Sekretaris Pokdarwis Medokan Ayu Subardi mengatakan pihaknya merupakan kelompok masyarakat yang terdiri dari penduduk sekitar kawasan Hutan Mangrove. Mereka akan berkomitmen menjaga keaslian ekosistem sembari mengembangkan pariwisata berkelanjutan.

"Mengenai seberapa besar porsi yang diberikan Pemkot Surabaya kepada Pokdarwis terkait pengelolaan wisata, itu terserah mereka," ujar Subardi tertulis, Rabu (26/7).

Pokdarwis Medokan Ayu sebelumnya mengelola parkir, tetapi saat ini dikelola Dinas Perhubungan. Di area kuliner harapannya yang menjual makanan adalah warga setempat.

“Jangan sampai ada warga di luar Medokan Ayu. Sebab, sebelumnya pernah kejadian, di mana kami menemukan pedagang bukan dari warga kami,” ungkapnya.

Kelompoknya mendorong warga turut mengembangkan wisata dengan usaha kuliner atau usaha kerajinan yang menjual produk khas daerah.

"Wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam mangrove, tetapi juga dapat merasakan cita rasa khas dari masyarakat setempat,” katanya.

Kebun Raya Mangrove Surabaya meliputi tiga kawasan, yakni Mangrove Wonorejo, Mangrove Medokan Sawah, dan Mangrove Gunung Anyar dengan luas total mencapai 27 hektare.

Pokdarwis Medokan Ayu tak ingin pengelolaan Kebun Raya Mangrove dilakukan bukan dari warga sekitar, ini alasannya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News