Mengenal Tradisi Salat Tarawih Cepat di Ponpes Mambaul Hikam Blitar

Jumat, 24 Maret 2023 – 18:04 WIB
Mengenal Tradisi Salat Tarawih Cepat di Ponpes Mambaul Hikam Blitar - JPNN.com Jatim
Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, K.H. Dliya'uddin Azzamzami Zubaidi. ANTARA/ HO-pesantren

jatim.jpnn.com, BLITAR - Ada yang beda dari kegiatan salat tarawih di Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar.

Salat tarawih yang diikuti ribuan warga dari berbagai daerah di Blitar dan sekitarnya tersebut dilaksanakan dengan gerakan cepat.

Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam K.H. Dliya'uddin Azzamzami Zubaidi menyampaikan shalat tarawih dengan gerakan cepat itu telah menjadi tradisi ponpesnya selama satu abad lebih.

Dia pun menceritakan asal muasalnya. Dahulu, umat Islam sekitar banyak yang menjadi pekerja. Mereka bekerja dari pagi sampai sore.

"Saat malam, mengikuti salat tarawih yang lama mereka tidak mampu. Akhirnya dicarikan solusi dengan salat tarawih cepat," katanya, Kamis (24/3).

Dia mengungkapkan salat tarawih cepat dilakukan tanpa mengurangi nilai ibadah tersebut dan tidak melanggar.

"Seperti yang kami laksanakan bersama, membaca Al Fatihah juga lengkap, membaca surat, tumakninah juga terpenuhi," kata Gus Dliya' (sapaannya).

Udin, salah seorang jemaah salat tarawih cepat mengaku selalu ikut salat tarawih di pesantren itu, mulai dirinya muda hingga sekarang. Dia pun merasa tidak capek dengan shalat tarawih gerakan cepat.

Berikut sejarah salat tarawih cepat yang menjadi tradisi di Pesantren Mambaul Hikam, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News