Unesa Tambah Daya Tampung Penerimaan Mahasiswa Baru, Sebegini Jumlahnya

Rabu, 22 Februari 2023 – 09:34 WIB
Unesa Tambah Daya Tampung Penerimaan Mahasiswa Baru, Sebegini Jumlahnya - JPNN.com Jatim
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menambah semua jalur penerimaan mahasiswa baru bertambah menjadi 22.915. Foto: Dok Humas Unesa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Daya tampung Unesa pada tahun 2023, untuk semua jalur penerimaan mahasiswa baru bertambah menjadi 22.915. Apabila dibandingkan dengan tahun kemarin, total penerimaan mahasiswa baru mencapai 11 ribu mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Kemahasiswaan, dan Alumni Unesa Prof. Dr. Madlazim, M.Si, memerinci ada 4.761 atau 21 persen untuk jalur SNBP, 8.088 orang atau 35 persen SNBT, dan jalur mandiri yaitu 10.066 orang atau 44 persen.

"Ketentuan daya tampung ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Rektor Unesa, Nomor 455/UN38/HK/KM/2023 yang ditandatangani Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes," ujarnya, Selasa (21/2).

Guru besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) itu menambahkan dengan adanya kenaikan kuota tersebut, tentu memberikan peluang bagi putra-putri terbaik daerah melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Kepala Sub-Direktorat Penerimaan dan Kelulusan, Direktorat Akademik Unesa, Dr. Sukarmin, M.Pd., menegaskan kendati daya tampung naik signifikan, tetapi masuk di Unesa tetap bersaing.

"Mengacu pada tahun sebelumnya, jumlah pendaftar Unesa termasuk salah satu yang tertinggi nasional. Dengan demikian, pendaftar harus mempersiapkan diri dengan baik dan strategi yang tepat," tuturnya.

Maka dari itu, mahasiswa harus mempersiapkan nilai mata pelajaran dan sertifikat terbaik untuk mendaftar di jalur SNBP.

"Bisa mencoba lagi di jalur-jalur berikutnya, SNBT maupun mandiri. Kuotanya naik di semua jalur. Ini menjadi peluang terbuka untuk kuliah di Unesa,” tandas Dr. Sukarmin. (mcr23/jpnn)

Daya tampung untuk mahasiswa baru di Unesa bertambah, totalnya ada sebanyak 22.915.

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News