Rakata Andala, Batik Pemersatu Suku Khas Kutai Timur Karya Lia Afif

Minggu, 19 Februari 2023 – 15:00 WIB
Rakata Andala, Batik Pemersatu Suku Khas Kutai Timur Karya Lia Afif - JPNN.com Jatim
Sejumlah model mengenakan busana batik khas Kutai Timur Rakata Andala karya desainer Surabaya Lia Afif saat sesi foto di Benteng Kedung Cowek, Minggu (19/2). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Desainer asal Surabaya Lia Afif memamerkan koleksi terbarunya bernama Rakata Andala saat sesi foto di Benteng Kedung Cowek, Minggu (19/2).

Lia menjelaskan koleksi terbarunya itu merupakan tenun khas asal Kutai Timur. Rakata sendiri diambil dari kata Rakat yang memiliki arti tenun, sedangkan Andala adalah bumi.

“Kalau diartikan memiliki makna pengikat atau pemersatu antara suku,” kata Lia.

Dalam koleksi yang dipamerkan kali ini, Lia menggunakan batik motif burung enggang, cumi atau disebut ukir dayak dengan harapan bisa mempererat atau sebagai pemersatu suku.

Rakata Andala, Batik Pemersatu Suku Khas Kutai Timur Karya Lia Afif

“Saya menggunakan bahan tenun dan batik dipadupadankan dengan bahan chiffon, jacquard, tulle dan lace dengan siluet  A dan I dalam 12 outfit. Untuk padu padan warnanya burgundy, maroon, terakota, hitam dan krem,” jelasnya.

Setiap desain dalam koleksi batik yang dibuat Lia diciptakan secara eksklusif, yang tak memiliki kesamaan dalam setiap alurnya.

“Rakata Andala diciptakan untuk perempuan yang spesial, mampu memancarkan karismanya saat mengenakan koleksi ini,” tuturnya.

Desainer busana muslim Lia Afif memperkenalkan karya batik terbarunya yang dinamai dengan Rakata Andala
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News