Banyak Remaja Alami Malnutrisi, Unusa Gencarkan Aksi Bergizi

Jumat, 16 Desember 2022 – 12:06 WIB
Banyak Remaja Alami Malnutrisi, Unusa Gencarkan Aksi Bergizi - JPNN.com Jatim
Fakultas Kesehatan Unusa menggelar edukasi yang bertema Aksi Bergizi, Hidup Sehat Sejak Sekarang Untuk Remaja Kekinian. Foto : Humas Unusa

jatim.jpnn.com, BANGKALAN - Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) melakukan pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren Al Hidayah 2 Bangkalan, dari tanggal 9 sampai 18 Desember 2022.

Selama di lapangan, tim menemukan remaja yang mengalami malnutrisi lantaran memilih tidak mau makan sayur, serta sangat suka menikmati makan-makanan cepat saji atau instan.

Menghadapi permasalahan tersebut, Unusa mengambil tema Aksi Bergizi, Hidup Sehat Sejak Sekarang Untuk Remaja Kekinian.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Dr. Dini Setiarsih, S.P., M.Kes menjelaskan di Pondok Pesantren Al Hidayah 2 Bangkalan ditemukan tiga dari sepuluh santriwati mengalami kelebihan berat badan yang bisa menimbulkan obesitas.

Menurutnya, penyebab obesitas pada remaja bersifat multifaktorial. Peningkatan konsumsi makanan cepat saji, rendahnya aktivitas fisik, faktor genetik, pengaruh iklan, faktor psikologis, status sosial ekonomi, program diet, usia, dan jenis kelamin.

"Faktor-faktor tersebut merupakan beberapa penunjang yang berkontribusi pada perubahan keseimbangan energi dan berujung pada kejadian obesitas," ujar Dr Dini, Kamis (15/12).

Dalam acara ini diikuti sebanyak 100 santriwati. Banyak santri yang mengalami malnutrisi seperti kelebihan berat badan.

"Dari laporan pengasuh pondok banyak remaja santriwati tidak senang untuk makan sayur. Hal ini yang membuat banyak santri yang mengalami kelebihan berat badan ini," ungkap Dini.

Ratusan santriwati ikuti edukasi terkait kebutuhan gizi yany diselenggarakn oleh Fakultas Kesehatan Unusa
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News