Penyidik Kepolisian Yakin Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Pinggir Lapangan Kanjuruhan

Rabu, 19 Oktober 2022 – 19:00 WIB
Penyidik Kepolisian Yakin Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Pinggir Lapangan Kanjuruhan - JPNN.com Jatim
Rekonstruksi adegan penembakan gas air mata dalam Tragedi Kanjuruhan. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tim penyidik kepolisian masih meyakini bahwa penembakan gas air mata diarahkan ke pinggir lapangan Stadion Kanjuruhan Malang.

Hal itu disampaikan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat menanggapi adegan rekonstruksi Tragedi Kanjuruhan yang memperlihatkan penembakan gas air mata ke pinggir lapangan, bukan tribune.

Dia menyampaikan bahwa materi penyidikan merupakan kewenangan dari tim penyidik.

“Kalau misalnya, tersangka menyebutkan hal itu (penembakan gas air mata ke pinggir lapangan) itu haknya dia,” kata Dedi, Rabu (19/10).

Dedi mengungkapkan bahwa penyidik memiliki keyakinan atas seluruh kesaksian yang diberikan oleh tersangka, termasuk penembakan gas air mata ke pinggir lapangan, bukan tribune.

“Penyidik akan mempertanggungjawabkan, baik di kejaksaan maupun persidangan,” ucap Dedi.

Sebelumnya, sebanyak 30 adegan diperagakan dalam rekonstruksi yang digelar selama tiga jam tersebut di Mapolda Jatim, Rabu (19/10).

Rekonstruksi kali itu difokuskan pada peran tiga anggota polisi yang dijadikan tersangka saat terjadinya kerusuhan.

Adegan rekonstruksi penembakan gas air berbeda dengan pengakuan Aremania dan cuplikan video yang beredar di media sosial
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News