Masyarakat Pesisir Selatan Jatim Waspada, Sepekan Bakal Mengalami Cuaca Ekstrem

Kamis, 13 Oktober 2022 – 09:34 WIB
Masyarakat Pesisir Selatan Jatim Waspada, Sepekan Bakal Mengalami Cuaca Ekstrem - JPNN.com Jatim
Warga melihat dampak erosi banjir di Pantai Gemah, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (11/10/2022). ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - BMKG memprediksi cuaca ekstrem bakal terjadi dalam sepekan ke depan. Fenomena La Nina yang bisa memicu serangkaian bencana hidrometeorologi di kawasan pesisir selatan.

"BMKG Juanda sudah mengeluarkan rilis resmi tentang prospek prediksi cuaca sepekan ke depan, termasuk daerah mana saja yang perlu diwaspadai dari bencana hidrometeorologi," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, Selasa (11/10).

Adapun sejumlah bencana yang berpotensi terjadi dan harus diwaspadai, seperti puting beliung, angin kencang, banjir, dan longsor.

Bencana tersebut berpotensi melanda kawasan pesisir selatan jatim seperti Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo, Pacitan, Malang, Batu serta daerah daerah Tapal Kuda (Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso, Pasuruan dan Probolinggo).

Pihaknya mengingatkan masyarakat agar waspada dan memperhatikan informasi prakiraan cauca yang dikeluarkan BMKG.

Langkah mitigasi juga harus dipersiapkan dengan tepat, baik oleh warga maupun pemerintah untuk meminimalisir risiko kerusakan, kerugian material atau korban jiwa.

Eko mencontohkan, seperti membersihkan lingkungan, memetakan titik daerah rawan banjir atau longsor, dan menyiapkan drainase pembuangan air hujan agar masuk ke sungai dan mengalir ke laut.

"Pastikan air bisa mengalir dengan baik, tidak ada hambatan atau sumbatan, yang bisa mengakibatkan longsor atau banjir," tuturnya.

Dalam waktu sepekan ke depan wilayah pesisir selatan Jawa Timur diprakirakan bakal mengalami cuaca ekstrem akibat fenomena La Nina.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News