SPIL Gandeng Pelindo Percepat Digitalisasi di Pelabuhan

Sabtu, 08 Oktober 2022 – 15:21 WIB
SPIL Gandeng Pelindo Percepat Digitalisasi di Pelabuhan - JPNN.com Jatim
Terminal Peti Kemas di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Foto: Dok. PT SPIL.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PT Salam Pacific Indonesia Lines (PT SPIL) menggandeng PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dalam percepatan proses digitalisasi data dan dokumen bongkar muat di pelabuhan.

Sejak tahun 2017, PT SIPL sudah aktif mengembangkan mySPIL untuk memudahkan para pelanggan. Aplikasi tersebut sudah tersedia di Playstore dan Appstore sebagai aplikasi mobile pertama industri shipping dan logistik di Indonesia

Direksi PT SPIL Bambang Gunawan mengatakan kolaborasi yang dilakukan dengan Pelindo membuat proses operasional kerja makin efisien.

Dia menjelaskan melalui sistem API yang terintegrasi antara SPIL dan Pelindo, data yang didapatkan akan dipush secara real time ke sistem untuk memudahkan tim operasional dalam memantau bongkar muat, receiving, dan delivery.

“Data e-DO (electronic delivery order) dapat langsung dipush secara bersamaan ke terminal Pelindo sehingga proses pengambilan kontainer mudah, khususnya untuk cabang di luar area Surabaya dan Jakarta,” kata Bambang, tertulis, Sabtu (8/10).

Sebagai perusahaan pelayaran pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan Pelindo, PT SPIL menerapkan sistem API dalam proses bongkar muat di pelabuhan.

Kolaborasi tersebut sudah dilakukan di terminal Pelindo Jakarta, Surabaya, Samarinda, Pontianak, Makassar, Batam, dan delapan kota lainnya.

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra optimistis digitalisasi dapat membantu memenuhi target pada tahun 2022 sebanyak 11.641.285 TEUs. 

PT SPI bekerja sama dengan Pelindo untuk mempercepat proses digitalisasi data dan dokumen bongkar muat di pelabuhan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News