Keren, Nadya Afdholy Lulus Cumlaude Doktor Unesa dan Hasilkan Puluhan Jurnal Ilmiah

Rabu, 21 September 2022 – 10:45 WIB
Keren, Nadya Afdholy Lulus Cumlaude Doktor Unesa dan Hasilkan Puluhan Jurnal Ilmiah - JPNN.com Jatim
Nadya Afdholy menyabet gelar doktor di Unesa dengan predikat cumlaude IPK 3,92. Foto: Dok. Unesa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Nadya Afdholy resmi menyabet gelar doktor seusai lulus ujian dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Perempuan berusia 32 tahun yang mengambil jurusan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra itu meraih nilai sempurna dengan predikat cumlaude IPK 3,92.

Dia menyelesaikan disertasi program doktornya dengan penelitian berjudul Disensus dalam Novel Eka Kurniawan: Kajian Idiom Estetik.

Nadya mengatakan topik penelitian yang dipilihnya itu bukan tanpa alasan. Dia berkeinginan karya sastra yang dihadirkan para sastrawan tidak hanya sebagai representasi saja, tetapi menjadi karya seni estetik untuk membuka ruang emansipasi.

Dengan begitu, bisa membongkar dominasi pada setiap relasi sosial dan tercipta alternatif baru.

“Harapannya penelitian ini bisa dijadikan salah satu upaya pembebasan berekspresi. Mahasiswa menjadi lebih kritis dan mengandalkan logika, artinya tidak angguk- angguk saja di kelas,” ujar Nadya, Selasa (20/9).

Menurut Dosen Bahasa itu, konteks di masyarakat manusia diperbolehkan bersikap politik, tetapi harus kembali terhadap persoalan kemanusiaan dan keadilan.

"Artinya, logika representasi seharusnya menyadari bahwa kenyataan dalam kehidupan tak seindah dengan apa yang ditawarkan oleh distribusi kepatutan. Maka dari itu, manusia harus berani berdisensus," jelasnya.

Nadya Afdholy lulus sebagai doktor dengan predikat cumlaude IPK 3,92 dan menghasilkan puluhan jurnal ilmiah.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News