Sayembara Desain Kawasan Wisata Ampel Linatkan 216 Tim dari 16 Daerah

Rabu, 24 Agustus 2022 – 12:21 WIB
Sayembara Desain Kawasan Wisata Ampel Linatkan 216 Tim dari 16 Daerah - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat. Foto: Diskominfo Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat menjelaskan sayembara desain arsitektur kawasan penunjang Wisata Ampel dimulai sejak tanggal 16 Juni 2022.

Menurutnya, gelaran ini diikuti sebanyak 216 tim atau individu dari 16 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Setelah melalui dua kali tahapan penjurian, lima karya terbaik dipilih untuk mendapatkan predikat juara.

"Kemudian dua peserta lainnya mendapatkan Honorable Mentions," kata Irvan, Selasa (23/8).

Mantan Kadishub Surabaya itu menyebut sayembara ini digelar untuk mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam pembangunan kawasan. Baik itu mulai dari tahapan perencanaan atau desain sampai kepada pelaksanaan.

"Jadi, tidak harus menggunakan APBD, tetapi pihak swasta, desainer, akademisi, arsitektur-arsitektur muda itu sebenarnya punya talenta-talenta keinginan untuk berkontribusi bagi Kota Surabaya," jelasnya.

Rencananya, lanjut Irvan, konsep yang sama juga akan diterapkan ke kawasan-kawasan lainnya. Baik program atau proyek apa pun, pemerintah nanti melibatkan akademisi, desainer, swasta maupun pengembang.

"Untuk bersama-sama gotong-royong membangun Kota Surabaya sehingga ada rasa ikut saling memiliki dari warga Kota Surabaya," ujarnya.

Karya dari para pemenang itu, kata Irvan, nantinya akan dikombinasikan untuk kemudian dijadikan grand design kawasan penunjang Wisata Ampel.

Desain sayembara kawasan Wisata Ampel akan diterapkan melibatkan tim cagar budaya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News