Presiden Jokowi: Mafia Tanah Bikin Ruwet, Silakan Detik Itu Juga Digebuk

Selasa, 23 Agustus 2022 – 05:30 WIB
Presiden Jokowi: Mafia Tanah Bikin Ruwet, Silakan Detik Itu Juga Digebuk - JPNN.com Jatim
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat di Gelora Delta, Kabupaten Sidoarjo, Senin (22/8). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perintah tegas kepada seluruh jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menindak tegas para mafia tanah yang menyulitkan masyarakat dalam mengurus sertifikat.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyerahkan sertifikat tanah di Gelora Delta Sidoarjo, Senin (22/8).

"Kalau masih ada mafia tanah yang main-main silakan detik itu juga, gebuk," kata Jokowi.

Menurut dia, para mafia tanah membuat ruwet dan menyulitkan masyarakat.

"Ini (mafia tanah, red) meruwetkan mengurus sertifikat. Tidak bisa kita biarkan rakyat tidak dilayani mengurus sertifikat, setuju enggak?." ujarnya.

Dia menjelaskan masih ada sekitar tujuh juta bidang yang belum memiliki sertifikat. Oleh karena itu, dia mendorong Kementerian ATR/BPR mempercepat proses penyelesaian sertifikat tanah tersebut.

"Saya sudah perintahkan ke Menteri ATR/BPN (Hadi Tjahjanto) agar terus dipercepat, supaya seluruh masyarakat memegang bukti hak kepemilikan tanah, yaitu sertifikat," tuturnya.

Presiden Jokowi juga mengingatkan kepada masyarakat menyimpan dengan baik sertifikat tanah tersebut.Konflik maupun sengketa tanah di daerah masih banyak terjadi lantaran penduduknya tak memegang hak hukum atas tanah tersebut.

Presiden Jokowi memberikan perintah tegas jika menemui mafia tanah mempersilakan detik itu juga digebuk karena membuat ruwet dan menyulitkan masyarakat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News