KPA Beber Data Anak di Tulungagung Tertular HIV AIDS, Jumlahnya Tak Main-Main

Selasa, 02 Agustus 2022 – 11:12 WIB
KPA Beber Data Anak di Tulungagung Tertular HIV AIDS, Jumlahnya Tak Main-Main - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Cegah HIV/AIDS. (ANTARA)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tulungagung membeberkan data anak yang tertular HIV AIDS dari ibunya. Total ada sebanyak 52.

Sekretaris KPA Tulungagung Ifada Nur Rohmania mengatakan mayoritas anak yang tertular berstatus ODHA (orang dengan HIV AIDS).

"Mereka ini tertular dari ibunya sejak masih dalam kandungan," kata Ifada, Senin (1/8).

KPA Tulungagung sebetulnya sudah mengadopsi program Prevention Mother to Child Transmission of HIV atau PMTCT sejak 2015.

Program tersebut menyasar ODHA dari kelompok ibu rumah tangga atau berjenis kelamin perempuan sebagai upaya meminimalkan risiko penularan HIV AIDS pada janin saat penderita menjalani program kehamilan.

"Program PMTCT di Tulungagung baru ada 2015, sedangkan kebanyakan anak dan remaja yang terjangkiti HIV AIDS lahir sebelum 2015. Artinya, belum ada program tersebut," ujarnya.

Dia menyebut dari 52 ODHA, sepuluh di antaranya masih berusia anak, sisanya berusia remaja.

Jumlah sebenarnya bisa jadi lebih dari data yang dihimpun KPA karena banyak kasus HIV AIDS pada anak belum semua dilaporkan ke KPA.

Jumlah anak di Tulungagung tertular HIV AIDS berdasarkan data dari KPA sebanyak 52, yang tertular dari ibu kandungnya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News