Rektor Unesa: Gedung Lab Doping Merupakan Kebutuhan Bangsa dan Mimpi Presiden

Selasa, 05 Juli 2022 – 21:56 WIB
Rektor Unesa: Gedung Lab Doping Merupakan Kebutuhan Bangsa dan Mimpi Presiden - JPNN.com Jatim
Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Direktorat Jenderal Cipta Karya (DJCK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) bersama Rektor Unesa meninjau Lab Doping yang pembangunannya baru saja rampung. Foto: Humas Unesa.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rektor Universitas Negeri Surabaya Prof. Dr. Nurhasan mengatakan Gedung Laboratorium Doping yang baru saja diserahkan pemerintah pusat akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Prof Nurhasan menuturkan bahwa lab tersebut merupakan kebutuhan Indonesia dan mimpi Presiden Joko Widodo.

“Saat itu, kami menerima penghargaan sebagai pembina olahraga nasional tahun 2020. Presiden mengingatkan kepada para pemerhati olahraga bahwa Indonesia belum memiliki Lab Doping," ujarnya, Selasa (5/7).

Nantinya, setelah dilengkapi berbagai fasilitas dan perlengkapan, lab tersebut bisa langsung digunakan secara bertahap untuk pembinaan atlet Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Unesa yang program pembinaannya dimulai akhir Juli 2022.

Prof Nurhasan mengatakan pembangunan Lab Doping di Unesa itu mungkin akan menjadi satu-satunya yang ada di Indonesia.

Dia juga menceritakan beberapa waktu lalu, kampunya sempat berguru ke World Anti-Doping Agency (WADA) di Jepang. Saat itu, Gedung Lab Doping Unesa masih kosong belum ada peralatan sama sekali.

"Kemenpora RI menyanggupi untuk segera mengisi gedung ini dengan alat-alat tahun ini. Alat atau perlengkapannya sudah siap didatangkan sehingga secara bertahap bisa digunakan di Unesa,” kata Prof Nurhasan.

Dia juga menerangkan Lab Doping Unesa memiliki banyak manfaat, antara lain, untuk menyiapkan atlet-atlet Indonesia dalam rangka olimpiade tahun 2032.

Gedung Laboratorium Doping Unesa yang baru saja rampung bakal diisi berbagai peralatan guna menunjang atlet yang akan melakukan latihan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News