Rumah Kelahiran Bung Karno Disulap Jadi Museum Wisata Sejarah

Selasa, 07 Juni 2022 – 14:59 WIB
Rumah Kelahiran Bung Karno Disulap Jadi Museum Wisata Sejarah - JPNN.com Jatim
Rumah Bung Karno di Jalan Pandean nomor gang IV nomor 40 Surabaya. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Peringatan Bulan Bung Karno pada Senin (6/6) kemarin ditandai dengan revitalisasi rumah kelahiran Sang Proklamator oleh Pemkot Surabaya.

Rumah yang berada di Jalan Pandean Gang IV Nomor 40 Surabaya itu rencananya bakal menjadi sebuah museum.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan bangunan tersebut akan dilengkapi dengan artefak hingga ornamen pendukung. Dengan begitu, museum itu akan menceritakan berbagai kisah perjuangan Bung Karno.

"Kami jadikan wisata sejarah baru di Surabaya. Destinasi wisata museum itu segera dibuka dalam waktu yang tidak lama. Sementara konsep yang tengah disiapkan ialah ‘Kampung Kebangsaan’," ujar Eri.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya itu menerangkan rumah kelahiran Bung Karno itu tidak jauh dengan lokasi destinasi wisata sejarah lainnya.

Tempat itu, yakni rumah HOS Cokroaminoto yang berada Jalan Peneleh Gang VII Nomor 29 sampai 31. Tempat itu merupakan indekos Bung Karno selama menempuh pendidikan sekolah.

"Ada pula Langgar Dhuwur. Masjid berusia dua abad di kawasan ini yang disebut sebagai tempat mengaji Bung Karno," imbuhnya.

Dengan menjadi sebuah museum, Eri berharap pelajar sekolah hingga wisatawan umum bisa belajar kehidupan Bung Karno sehingga meneladani semangatnya.

Untuk mengenang sejarah Bung Karno, rumah kelahirannya di Surabaya bakal dijadikan museum.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News