Jembatan Splendid Malang Bikin Deg-degan Saat Dilintasi, Coba Perhatikan

Selasa, 26 April 2022 – 15:15 WIB
Jembatan Splendid Malang Bikin Deg-degan Saat Dilintasi, Coba Perhatikan - JPNN.com Jatim
Kondisi plengsengan jembatan Splendid yang rawan ambrol (M. Ubaidillah/genpi.co jatim)

jatim.jpnn.com, MALANG - Jembatan Splendid, Kota Malang yang letaknya ada di pasar burung dan hewan kondisinya cukup memprihatinkan karena akan deg-degan saat melintasinya.

Pondasi di bawahnya mengalami abrasi dan sering terjadi longsor yang mengakibatkan posisinya saat ini nyaris menggantung. Hal itu tentu sangat membahayakan pengguna jalan atau para pedagang yang berjualan di atasnya.

Kalaksa BPBD Kota Malang Ali Mulyanto mengatakan apabila satu pilar penyangga jembatan yang menghubungkan antara Jalan Majapahit dengan Brawijaya itu akan ambrol sepanjang lima meter dan tinggi 10 meter.

Kejadian itu terjadi akibat plengsengan secara terus menerus tergerus air. Ditambah dalam beberapa hari terakhir debit air Sungai Brantas di kawasan tersebut terus meningkat.

“Kejadian ini terjadi sebanyak dua kali, awalnya pada November 2021, lalu terjadi lagi pada Rabu (20/4). Peristiwa banjir bandang tahun lalu juga menjadi salah satu faktor plengsengan di bawah itu tergerus,” kata Alie, Senin (25/4).

Kondisi jembatan, kata dia, berpotensi mengalami ambrol. Hal itu disebabkan struktur plengsengan yang mulai labil apabila tak segera ditangani.

“Jelas rawan roboh. Pondasi di bawah juga sudah terlihat keropos,” ujarnya.

Pantauan di lokasi banyak masyarakat yang berjualan di atas jembatan dan masih banyak yang melaluinya menggunakan kendaraan roda dua.

Jembatan Splendid Malang mengalami abrasi dan sering terjadi longsor. Hal itu membuat posisinya nyaris menggantung.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News