Hitungan Anggaran Ratusan Miliar Untuk Lamongan yang Jadi Langganan Banjir

Jumat, 15 April 2022 – 08:51 WIB
Hitungan Anggaran Ratusan Miliar Untuk Lamongan yang Jadi Langganan Banjir - JPNN.com Jatim
Foto dokumen banjir yang terjadi di Lamongan (ANTARA Jatim)

jatim.jpnn.com, LAMONGAN - Kawasan di Bengawan Njero, Lamongan memang menjadi langganan banjir tiap tahunnya.

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo pun mengusulkan anggaran Rp 65 miliar kepada pemerintah guna mencegah banjir yang melanda Bengawan Jero.

Kepala BBWS Bengawan Solo Agus Rudyanto memaparkan anggaran itu sebagai tindak lanjut dari penanganan jangka pendek, seperti normalisasi Kali Dinoyo pada titik kritis yang sudah dilakukan pada Januari 2022.

"Kami mengusulkan dana Rp 65 miliar untuk pembangunan total pintu Sluis Kuro. Insyaallah kalau sudah tertutup, akan efektif mengeluarkan air," kata Agus, Kamis (14/4).

Kedua, katanya, anggaran tersebut untuk penambahan kapasitas pompa dan normalisasi. Menurutnya, itu adalah usulan prioritas yang sangat penting untuk penanganan banjir secara permanen.

Agus juga mengusulkan normalisasi empat sungai, yakni Kali Blawi, Malang, Corong dan Mireng (BMCM) serta biaya operasional dan pemeliharaan selama satu tahun yang membutuhkan dana Rp 318 miliar.

"Jika disetujui, total semua mencapai Rp 383 miliar. Hal itu bisa untuk normalisasi, gravitasi pembangunan pintu Kuro, penambahan pompa, dan lainnya," ujarnya.

Agus menyatakan berbagai skema, baik jangka pendek hingga panjang, sebenarnya telah disiapkan dalam upaya menangani banjir di Bengawan Jero agar banjir di Kabupaten Lamongan segera teratasi secara permanen.

Guna mengatasi masalah banjir yang rutin melanda Lamongan, pemerintah perlu menganggarkan ratusan miliar rupiah. Begini hitungannya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News