Rahasia Bulaksari Surabaya Bebas Asap Rokok Selama 1 Dekade, Bisa Jadi Contoh Kampung Lain

Selasa, 01 Maret 2022 – 16:34 WIB
Rahasia Bulaksari Surabaya Bebas Asap Rokok Selama 1 Dekade, Bisa Jadi Contoh Kampung Lain - JPNN.com Jatim
Ketua RT Kampung Bulaksari Heru Sugijanto saat menegur pengendara yang melintas sambil merokok. (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sudah sepuluh tahun Kampung Bulaksari 7 RT7 RW6, Kelurahan Wonokusumo, Surabaya menjadi kawasan bebas asap rokok. Hal itu bisa menjadi contoh kampung lain di Kota Pahlawan untuk ikut menerapkannya.

Ketua RT Kampung Bulaksari Heru Sugijanto membeberkan alasan kampungnya menerapkan hal itu karena banyak warganya, terutama ibu-ibu yang benci dengan asap rokok.

"Rokok itu bahaya sekali, menyebabkan sakit pada organ pernapasan dan lain sebagainya. Bahkan, banyak yang sampai meninggal," ujar Heru, Selasa (1/3)

Apabila ada seseorang yang melintas di kampungnya lalu ketahuan menyalakan rokok akan ditegur oleh warga, tentunya dengan pendekatan secara humanis.

“Jadi, siapapun, pengendara, penjual makanan kalau merokok akan ditegur,” tegasnya.

Menurutnya, untuk menerapkan kawasan bebas asap rokok tentu tak mudah. Berbagai penolakan sering dialami oleh Heru. Namun, lambat laun warga memahami hal itu demi kebaikan bersama.

“Sempat ada penolakan usai menggelar deklarasi pada Desember 2010. Hanya 30 persen yang memahami dan menerima aturan itu, tetapi seiring berjalannya waktu mereka paham,” jelasnya.

Tak hanya menjadi kawasan bebas asap rokok , kampung Bulaksari juga menyabet beberapa penghargaan yang berkaitan dengan kesehatan.

Begini cara Kampung Bulaksari Surabaya terapkan kawasan bebas asap rokok selama 1 dekade
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News