31 Kabupaten Kota di Jatim Bisa Nikmati Gerhana Bulan Sebagian Jumat Besok

Kamis, 18 November 2021 – 11:49 WIB
31 Kabupaten Kota di Jatim Bisa Nikmati Gerhana Bulan Sebagian Jumat Besok - JPNN.com Jatim
Fase gerhana bulan sebagian terlihat di kawasan Tugu Tani, Menteng, Jakarta, Rabu (26/5/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemutakhiran terus dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang fenomena Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang diprediksi akan terjadi pada Jumat (19/11).

Terbaru, masyarakat di 31 kabupaten/kota di Jatim ternyata bisa menyaksikan fenomena alam tersebut.

Berdasarkan data dari BMKG Kelas I Juanda, puluhan wilayah yang bisa menonton pemandangan yang cukup langka itu, yakni Surabaya, Pacitan, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Madiun, Trenggalek, Bojonegoro, dan Nganjuk.

Kemudian, Tulungagung, Kediri, Tuban, Blitar, Jombang, Lamongan, Mojokerto, Batu. Gresik, Malang, Sidoarjo, Bangkalan, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Sampang, Pamekasan, Jember, Bondowoso, Sumenep, Situbondo dan Banyuwangi.

Kendati begitu, Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Juanda. Teguh Tri Susanto menyebut masyarakat di 31 kabupaten/kota itu tidak bisa menyaksikan GBS secara utuh.

Wilayah yang bisa menikmati puncak gerhana hanya di Manokwari dan Jayapura, Papua.

"Hanya sebagian fase gerhana bulan sebagian bisa teramati di Indonesia, yakni akhir dari fase gerhana sebagian dan gerhana bulan penumbra," jelas Teguh, Kamis (18/11).

Warga Jatim, sambung Teguh, bisa mengamati GBS saat bulan mulai terbit, menjelang akhir fase gerhana bulan sebagian hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB.

Sebanyak 31 kabupaten/kota di Jatim bisa menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian pada Jumat (19/11) besok.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News