Hiu Paus yang Terdampar di Pantai Bayeman Tulungagung Akhirnya Mati

Sabtu, 24 April 2021 – 14:00 WIB
Hiu Paus yang Terdampar di Pantai Bayeman Tulungagung Akhirnya Mati - JPNN.com Jatim
Seekor ikan hiu paus (Rhincodon typus) yang terdampar dan mati di tepi Pantai Bayeman, Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (23/4/2021). ANTARAFOTO/Destyan Sujarwoko (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Hiu paus yang sempat terdampar di Pantai Bayeman, Tulungagung, Jawa Timur, sejak Kamis (22/4) sore akhirnya mati.

Kepala Pelabuhan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim Imam Abdullah mengatakan Upaya evakuasi hiu paus sempat dilakukan warga, tetapi dihentikan pada tengah malam.

Hiu paus muda yang diperkirakan berusia 2-3 tahunan tersebut lalu mati kehabisan oksigen seiring air di Pantai Bayeman yang mulai surut.

"Hiu paus ini jenisnya ikan yang bernafas dengan insang. Jadi ikan ini harus berada dalam air untuk menjaga agar insangnya terendam," ujar Imam Abdullah, Sabtu (25/4).

Salah satu nelayan yang ikut mengevakuasi hiu paus bernama Sukarji mengatakan sejumlah warga kesulitan mengevakuasi hiu paus kembali ke laut karena bobot ikan yang terlalu besar

"Nelayan dan petugas sudah berupaya mendorong ikan, tetapi ikan terlalu banya bergerak sampai kesulitan keluar dari kubangan pasir," tutur Sukarji.

Menurut Sukarji, peristiwa ikan hiu paus terdampar di pesisir Tulungagung sudah beberapa kali terjadi sejak 1990-an.

Kejadian hiu paus yang terdampar dan akhirnya mati di Pantai Bayeman memiliki karakteristik kasus yang sama.

Hiu paus yang sempat terdampar di Pantai Bayeman, Tulungagung, Jawa Timur, sejak Kamis (22/4) sore akhirnya mati.