Ada Warga Surabaya Abai Data Kependudukan, PKK Siapkan Cak Ning Minduk

Selasa, 28 September 2021 – 15:30 WIB
Ada Warga Surabaya Abai Data Kependudukan, PKK Siapkan Cak Ning Minduk - JPNN.com Jatim
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya Rini Indriyani. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sekitar 308 kader PKK Surabaya disiapkan untuk menjadi Cak dan Ning Minduk untuk memberikan edukasi soal administrasi kependudukan (adminduk) kepada warga Kota Pahlawan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya Rini Indriyani menuturkan pihaknya telah bersinergi dengan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) untuk menggelar program training on trainer Cak dan Ning Minduk pada Senin (27/9).

"Pelatihan itu bertujuan melahirkan fasilitator yang akan memberikan informasi dan pemahaman soal data adminduk kepada masyarakat hingga ke RT dan RW," kata Rini, Selasa (28/9).

Rini memaparkan nantinya Cak dan Ning Minduk akan disebar ke 154 kelurahan se-Surabaya. Dengan begitu, nantinya setiap kelurahan akan memiliki dua fasilitator.

"Diharapkan mereka bisa bekerja dengan hati agar tak ada lagi warga Surabaya yang tidak mempunyai data kependudukan," ujar dia.

Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mengutarakan melalui program itu, pemkot berinisiatif untuk jemput bola turun ke masyarakat melalui fasilitator Cak dan Ning Minduk mengingat masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya data adminduk.

"Pemerintah proaktif dan tidak menunggu masyarakat bertanya terlebih dahulu, harus ada yang aktif untuk menginformasikan kepada mereka melalui para fasilitator itu tadi," tutur Agus.

Dia menerangkan untuk saat ini, pihaknya dibantu kader-kader TP PKK Kota Surabaya. Ke depannya, dia akan mengajak elemen-elemen lainnya untuk menjadi fasilitator.

TP PKK dan Dispendukcapi Surabaya bersinergi mengatasi masalah adminduk warga setempat dengan menyiapkan fasilitator Cak NIng Minduk
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News