Sempat Ada yang Positif, 776 Napi Lapas Narkotika Pamekasan Jalani Vaksinasi

Rabu, 15 September 2021 – 18:30 WIB
Sempat Ada yang Positif, 776 Napi Lapas Narkotika Pamekasan Jalani Vaksinasi - JPNN.com Jatim
Vaksinasi bagi warga binaan pemasyarakat di Lapas Narkotika Klas IIA Pamekasan. (Lapas Pamekasan)

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Hingga 14 September lalu, 776 narapidana penghuni Lapas Narkotika Pamekasan, Madura telah menjalani vaksinasi COVID-19 yang digelar serentak sejak awal Agustus 2021.

"Sebenarnya, total narapidana yang harus menjalani vaksinasi sebanyak 780 orang, namun ada empat orang yang tidak disuntik karena memiliki penyakit bawaan," kata Kepala Lapas Narkotika Pamekasan, Sohibur Rachman, Selasa (14/9).

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 gratis tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan kekebalan kelompok bagi warga binaan mengingat di lapas tersebut juga sempat ditemukan narapidana yang terpapar COVID-19.

Dia memaparkan kegiatan pemberian vaksin kepada para narapidana lapasnya itu terselenggara berkat kerja sama dengan Klinik Pratama Polres Pamekasan pada program "Vaksinasi Kemerdekaan".

Kasubbag Humas Polres Pamekasan, AKP Nining Dyah mengatakan target program vaksinasi yang ditetapkan Polri itu mencakup 70 persen dari total jumlah penduduk setempat.

Karena itulah, dalam pelaksanaannya polres perlu bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lapas-lapas di wilayah hukum mereka.

Selain di Lapas Narkotika Pamekasan, vaksinasi juga dilakukan pada warga binaan pemasyarakatan di Lapas Klas IIA Pamekasan.

Hanya saja, narapidana yang sudah disuntik vaksin di Lapas Klas IIA Pamekasan baru 155 orang dari total 700 orang lebih.

Sumber Antara