Pesawat Rakitan Mahasiswa UMM ini Siap Mengudara di Langit Turki, Keren!

Selasa, 14 September 2021 – 14:15 WIB
Pesawat Rakitan Mahasiswa UMM ini Siap Mengudara di Langit Turki, Keren! - JPNN.com Jatim
Tim Robotika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebelum terbang ke Turki untuk mengikuti kompetisi Unmanaged Aerial Vehicle (UAV) 2021 di Turki. (ANTARA/HO Universitas Muhammadiyah Malang)

jatim.jpnn.com, MALANG - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil merancang pesawat dan akan diterbangkan di Kota Bursa, Turki pada bulan September 2021 ini.

Dalam gelaran Unmanaged Aerial Vehicle (UAV) tanggal 13-19 September 2021 itu, pesawat rancangan Tim Robotika UMM akan mengudara di langit Turki bersaing dengan tim-tim dari negara lain.

Muhammad Noer Jayadin, selaku ketua Tim Robotika UMM di Malang, Selasa, menjelaskan upaya mereka dalam membuat pesawat robot tersebut tidak mudah.

"Kami harus melewati dua babak seleksi untuk maju ke Turki," jelasnya.

Babak pertama adalah babak pengumpulan konsep desain. Pada tahap tersebut, kata Jayadin, pihaknya mulai membuat rancangannya. Setelah dinyatakan lolos mereka mulai merakit.

Lalu babak kedua adalah babak penyusunan desain secara mendetail. Pada bulan Juni, menurut Jayadin, timnya mulai merakit pesawat.

"Jadi kami mulai dari merakit bodi, menyiapkan kelistrikan, dan menyusun mesinnya,” paparnya.

Namun dalam pembuatan robot tersebut bukan berarti tanpa kendala. Jayadin mengungkapkan kalau mereka sempat mengalami kendala dalam tahap uji coba.

Sumber Antara