Warga Pesisir Surabaya Belajar Olah Limbah Masker Bersama UM Surabaya

Sabtu, 14 Agustus 2021 – 21:48 WIB
Warga Pesisir Surabaya Belajar Olah Limbah Masker Bersama UM Surabaya - JPNN.com Jatim
Mahasiswa UMSurabaya menunjukkan cara mengolah limbah masker dan cangkang menjadi paving kepada warga Pesisir Bulak Surabaya, Sabtu (14/8/2021). Foto: Antara/Didik Suhartono

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Warga pesisir Bulak, Surabaya, Jawa Timur, belajar mengolah limbah masker dan cangkang bersama mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya.

Dalam kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) mahasiswa UN Surabaya mengajari warga untuk bagaimana mengolah limbah, terutama masker menjadi barang yang bernilai dan bermanfaat.

"Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dilakukan UMSurabaya bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Forum Rektor Indonesia (FRI) dengan tajuk Lawan Polusi dengan Revolusi Mental," jelas Ketua Program Pemberdayaan Masyarakat UM Surabaya Dede Nasrullah di Surabaya, Sabtu.

Dede mengatakan bahwa memanfaatkan sampah medis dan cangkang merupakan aksi nyata yang baik, apalagi di masa pandemi di mana masker sangat banyak. Lalu bagi warga pesisir, limbah cangkang adakalanya terbengkalai begitu saja.

"Dengan adanya kegiatan ini kedua limbah tersebut jadi bernilai," tambahnya

Dalam kegiatan tersebut, pihak universitas tak hanya mengajarkan warga mengolah limbah untuk membuat paving, tetapi juga mendonasikan bibit toga dan paket makanan sehat untuk warga.

"Tanaman obat keluarga (toga) ini kami bagikan agar warga bisa membudidayakannya," ujarnya

Dede juga menekankan kalau program tersebut sekurang-kurangnya bisa mengubah cara hidup, dan cara berpikir masyarakat agar masyarakat memiliki etos kerja, integrasi dan gotong royong.

Warga pesisir Bulak, Surabaya, Jawa Timur, belajar mengolah limbah masker dan cangkang bersama mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya.
Sumber Antara