PT PAL Bangun Sarana Teknologi Kapal Selam

Rabu, 25 Agustus 2021 – 05:20 WIB
PT PAL Bangun Sarana Teknologi Kapal Selam - JPNN.com Jatim
Salah satu sudut lokasi hanggar kapal selam PT PAL Indonesia. (ANTARA/Malik Ibrahim)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PT PAL Indonesia tengah melakukan pembangunan sejumlah fasilitas hanggar kapal selam.

Dengan menggunakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp1,28 triliun PT PAL Indonesia tengah mengembangkan beberapa sarana demi terwujudnya  strategi penguasaan teknologi nasional, terutama di ranah teknologi kapal selam.

CEO PT PAL Indonesia Dr. Kaharuddin Djenod M.Eng., di Surabaya, Selasa, merinci lingkup pembangunan tersebut yakni Joint Section, test and trials (Setting to Work, Hydro Test dan Harbour Acceptance Test (HAT).

"Lalu Sea Acceptance Test including Pre-SAT hingga penyusunan working standard hingga menjadi Whole Local Production," papar Kaharuddin di Surabaya, Selasa.

PMN juga akan dimanfaatkan untuk pengembangan teknologi kapal selam tanpa awak.

"Selain itu, dana PMN pada APBN 2021 sebesar Rp1,28 triliun akan diamanatkan untuk peningkatan kemampuan produksi, SDM, dan fasilitas pendukung lain," katanya.

Dalam peningkatan kualitas SDM akan dilakukan beberapa pengembangan seperti pelaksanaan training, sertifikasi, dan fasilitas pelatihan lainnya.

Sebelumnya, sesuai dengan UU Nomor 9 Tahun 2020, PT PAL Indonesia mendapatkan PMN pada APBN Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp1,28 triliun, dan terhitung sejak di sahkannya PP Nomor 84 Tahun 2021 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo, telah disampaikan bahwa dana PMN PT PAL Indonesia (Persero) telah cair. (antara/mcr17/jpnn)

PT PAL Indonesia tengah melakukan pembangunan sejumlah fasilitas hanggar kapal selam.
Sumber Antara