3 Hari ke Depan, Pemkot Madiun Targetkan Pindahkan Seluruh Isoman ke Lokasi Isoter

Senin, 23 Agustus 2021 – 22:30 WIB
3 Hari ke Depan, Pemkot Madiun Targetkan Pindahkan Seluruh Isoman ke Lokasi Isoter - JPNN.com Jatim
Wali Kota Madiun Maidi bersama Forkopimda memantau proses pemindahan warga pasien COVID-19 yang meakukan isoman ke isoter di Madiun, Jatim, Senin (23/8/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun)

jatim.jpnn.com, MADIUN - Pemkot Madiun mempercepat pemindahan warga positif COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah ke tempat isolasi terpusat (isoter).

"Fasilitas kesehatan di isoter lebih lengkap. Ada dokter jaganya juga sehingga diharapkan bisa segera sembuh daripada isoman," kata Wali Kota Madiun, Maidi, Senin (23/8).

Hingga 23 Agustus siang, masih ada 182 warga isoman yang belum dipindahkan ke isoter. Petugas terus melakukan pendataan untuk dilakukan pemindahan.

Wali Kota Maidi menargetkan pemindahan warga tersebut dapat tuntas dalam dua sampai tiga hari ke depan.

"Di tempat isoter, masih ada 200 tempat tidur yang kosong," ujar dia.

Pemindahan pasien COVID-19 yang sedang isoman di rumah ke tempat isoter menjadi hal penting yang ditegaskan Presiden Joko Widodo kepada kepala daerah dalam penanganan COVID-19.

Pemkot Madiun telah mempersiapkan tempat isolasi terpusat dengan menggandeng TNI dan Polri setempat.

Tempat isolasi terpusat yang disediakan memanfaatkan sejumlah gedung sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Madiun yang lokasinya berdekatan dengan puskesmas.

Maidi menerangkan ada kecenderungan masyarakat baru ke rumah sakit saat gejala sudah parah. Karenanya, sering kali penanganan terlambat.

"Oleh karena itu, yang isoman harus segera dipindahkan ke isolasi terpusat untuk mengurangi kematian," tutur Maidi. (antara/mcr13/jpnn)

Pemkot Madiun mempercepat pemindahan warga positif COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah ke tempat isolasi terpusat (isoter).

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News