Pemkab Tulungagung Helat Jamasan Pusaka Kiai Upas

Sabtu, 21 Agustus 2021 – 08:20 WIB
Pemkab Tulungagung Helat Jamasan Pusaka Kiai Upas - JPNN.com Jatim
Pemkab Tulungagung helat Jamasan Pusaka Kiai Upas. Foto: Antara/HO

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menghelat ritual jamasan tombak pusaka Kiai Upas, Jumat (20/8)

Tombak Pusaka Kiai Upas adalah senjata legendaris dari Kanjeng Kyai Upas yang dibawa oleh Bupati Tulungagung awal, Raden Mas Pringgokusumo ke Tulungagung sejak jaman dahulu kala.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan keberadaan pusaka keramat tersebut penting bagi masyarakat Tulungagung.

"Senjata tersebut telah memperkuat spirit dan mental masyarakat Tulungagung pada masa itu," terangnya.

Dalam pelaksanaannya, prosesi jamasan diiringi dengan pembacaan ayat suci Al Quran yang diiringi gamelan Jawa, serta diarak oleh banyak orang. 

Di masa sebelum pandemi Covid-19, ritual tersebut kerap mengundang atensi masyarakat banyak. Sehingga warga datang beramai-ramai menyaksikan.

Namun untuk kali ini, perhelatan tersebut hanya melibatkan wadya Wimbasara (penjaga Kiai Upas), penjamas, dan tamu undangan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung Bambang Ermawan mengatakan jamasan pusaka Kiai Upas merupakan pelestatian budaya di Tulungagung.

Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menghelat ritual jamasan tombak pusaka Kiai Upas, Jumat (20/8)
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News