Bupati Hendy: PPKM Mikro Berbasis RT/RW Itu 'Keren'

Selasa, 10 Agustus 2021 – 10:45 WIB
Bupati Hendy: PPKM Mikro Berbasis RT/RW Itu 'Keren' - JPNN.com Jatim
Bupati Jember Hendy Siswanto memasang bendera merah di salah satu rumah warga yang menjalani isolasi mandiri, Senin (9/8/2021). ANTARA/Zumrotun Solichah

jatim.jpnn.com, JEMBER - Bupati Jember, Jawa Timur, Hendy Siswanto melanjutkan program PPKM berbasis RT/RW karena dinilai efektif mengedukasi warga sekaligus menekan penyebaran COVID-19 di daerahnya.

"PPKM mikro berbasis RT/RW itu keren karena langsung masuk ke persoalan," kata Hendy, Senin (9/8).

Program penanganan COVID-19 dari sektor hulu dengan berbasis RT/RW itu diterapkan di tiga kecamatan, yakni Kaliwates, Sumbersari, dan Patrang.

Di ketiga kecamatan itu terdapat 22 kelurahan yang tengah menerapkan PPKM berbasis RT/RW mengingat tingginya kasus positif COVID-19 di sana.

"Program tersebut langsung menyentuh ke warga dan menangani sektor hulunya," ujar dia.

Dia menjelaskan tujuan dari pelaksanaan edukasi itu agar warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) dan masyarakat umum lebih optimistis pada masa pandemi, sehingga tidak perlu ada rasa takut.

Terpenting, setiap individu mesti berdisiplin melaksanakan protokol kesehatan (prokes) guna pencegahan penularan COVID-19.

Selama pemberlakukan PPKM mikro tersebut, Satgas Penanganan COVID-19 Jember lebih banyak mengunjungi kawasan perumahan karena jumlah warga yang melakukan isoman di sana cenderung lebih banyak.

Dinilai efektif mengedukasi warga sekaligus menekan penyebaran COVID-19, PPKM berbasis RT/RW di Jember dilanjutkan.
Sumber Antara