Sambangi Almamater, Mensos Risma Minta Dibuatkan Alat Transportasi Pelosok Papua

Senin, 09 Agustus 2021 – 15:39 WIB
Sambangi Almamater, Mensos Risma Minta Dibuatkan Alat Transportasi Pelosok Papua - JPNN.com Jatim
Menteri Sosial Tri Rismaharini (tengah) membahas pembuatan kapal dan sepeda motor listrik untuk warga di daerah terpencil Papua dengan pihak ITS. ANTARA Jatim/Willy Irawan

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Menteri Sosial Tri Rismaharini menggandeng ITS Surabaya, Jawa Timur untuk membuat kapal dan sepeda motor listrik bagi warga di daerah terpencil Papua.

Dia memaparkan tokoh serta warga Papua dari Kabupaten Mamberamo, Tolikara, Puncak, dan Yahukimo sebelumnya meminta kepadanya untuk dibuatkan kapal guna mempermudah transportasi.

"Saya pikir kalau kami membelikan mereka kapal jadi, justru tidak menggerakkan warga Papua untuk melakukan pembelajaran," kata Risma, Senin (9/8).

Walakhir, dia memutuskan berkomunikasi dengan Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua guna mengajarkan warga setempat membuat kapal.

"Pembelajarannya nanti bakal dibantu dosen ITS karena memang dasar ilmunya adalah perkapalan," ujar Tri Rismaharini.

Alumnus ITS itu pun mendapati keluhan dari warga Yahukimo lantaran satu-satunya transportasi di daerah mereka hanya pesawat yang biasanya memakan waktu satu jam perjalanan.

Sedang bila berjalan kaki, warga bisa menghabiskan waktu hingga tiga hari untuk mencapai tempat tujuan mereka.

Kemudian muncullah ide mengadakan transportasi sepeda motor listrik karena dinilai lebih efisien. Sebab di sana, tidak mudah untuk mengangkut bahan bakar karena di atas gunung.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menggandeng ITS Surabaya, Jawa Timur untuk membuat kapal dan sepeda motor listrik bagi warga di daerah terpencil Papua.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News