Warga Isoman Malah Terima Tamu di Rumah, Terjadilah...

Rabu, 28 Juli 2021 – 07:22 WIB
Warga Isoman Malah Terima Tamu di Rumah, Terjadilah... - JPNN.com Jatim
Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin (paling kiri) meninjau GOR Mastrip Kota Probolinggo, Selasa (27/7/2021). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Probolinggo

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Pemkot Probolinggo memfungsikan Gedung Olahraga (GOR) Mastrip menjadi tempat isolasi terpusat bagi warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan gejala ringan.

"Kami tidak ingin ada kelalaian lagi dari warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah," kata Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Selasa (27/7).

Menurut dia, tak jarang warga isoman di rumah justru menerima tamu di rumahnya. Akhirnya menyebabkan penyebaran COVID-19 tidak terkendali, sehingga perlu adanya tempat isolasi terpusat.

Selain di GOR Mastrip, Hadi berencana menggunakan lokasi lain seperti gedung SMKN 2 Kota Probolinggo.

"Kedua tempat itu dipilih guna memaksimalkan penanganan pasien COVID-19 karena memudahkan petugas kesehatan dalam pemantauan dan pendataan," ujar dia.

Jika sudah dinyatakan sembuh dan selesai isolasi, warga bisa langsung pulang, sehingga tidak ada tetangga atau saudara yang tertular.

Hadi menjelaskan GOR Mastrip yang berada di Kecamatan Kedopok itu lokasinya jauh dari permukiman warga dan lokasinya luas. Area outdoor bisa digunakan pasien isolasi untuk olah raga juga.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Kota Probolinggo tercatat hingga 27 Juli 2021, kasus aktif setempat sebanyak 673 orang dan 549 warga di antaranya menjalani isolasi mandiri. (antara/mcr13/jpnn)

Wali Kota Probolinggo berusaha menghindari warga menjalani isoman di rumah karena berpotensi menyebabkan hal yang tak diinginkan.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News