Dorong Pemulihan Ekonomi, Disperindag Jatim Identifikasi Komoditas Industri

Minggu, 25 Juli 2021 – 11:01 WIB
Dorong Pemulihan Ekonomi, Disperindag Jatim Identifikasi Komoditas Industri - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drajat Irawan (tengah) saat menunjukkan salah satu komoditas ekspor Jatim. ANTARA/HO-Disperindag Jatim

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Pemprov Jawa Timur terus mengidentifikasi komoditas industri. Sektor tersebut dilihat mampu memberikan kontribusi dominan dalam ekspor di provinsi setempat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim Drajat Irawan menyampaikan ada beberapa komoditas sektor industri yang memiliki kontribusi besar.

Komoditas-komoditas tersebut, antara lain, industri lemak dan minyak hewan/nabati; tembaga murni berupa katoda; produk perhiasan/permata; udang; dan produk kayu dan olahannya.

"Seperti kayu lapis dengan ketebalan tidak melebihi 6 mm, strip dan frieze untuk lantai papan," kata Drajat, Sabtu (24/7).

Menurut dia, sektor industri kini masih agresif dalam mendorong pasar luar negeri di masa pandemi COVID-19 ini.

Berdasarkan data BPS Jatim, sektor industri menyumbang peran sebesar 84,80 persen pada periode Juni 2021 disusul migas 9,08 persen, pertanian 6,97 persen, dan tambang 0,17 persen.

Guna memperluas akses pasar ekspor bagi sektor industri, Disperindag Jatim terus berupaya mengidentifikasi komoditas potensial yang mampu menjadi salah satu penggerak pemulihan ekonomi.

"Tidak hanya terbatas pada industri besar, tetapi kami juga melakukan identifikasi bagi pelaku skala kecil dan menengah," ujar dia.

Pemprov Jawa Timur terus mengidentifikasi komoditas industri. Sektor tersebut dilihat mampu memberikan kontribusi dominan dalam ekspor di provinsi setempat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News