Penanganan COVID-19 Butuh Langkah-Langkah Luar Biasa

Senin, 19 Juli 2021 – 14:37 WIB
Penanganan COVID-19 Butuh Langkah-Langkah Luar Biasa - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - DPRD Surabaya mendorong pemkot setempat melakukan langkah-langkah luar biasa dalam penanganan COVID-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono mengharapkan pemkot setempat dan wali kota melakukan langkah-langkah luar biasa di dalam menangani COVID-19 yang kian merajalela.

"Upaya-upaya menyelamatkan rakyat harus dilakukan ekstra kerja keras," kata Adi, Senin (19/7).

Salah satu upaya yang terealisasi, yakni pembangunan Rumah Sakit Lapangan Tembak (RSLT) di Kedung Cowek. Saat ini, fasilitas kesehatan itu difungsikan untuk menampung pasien bergejala ringan dan sedang.

"Keberhasilan menyulap lapangan tembak menjadi rumah sakit telah memberikan kelegaan, di tengah sulitnya mencari rumah sakit rujukan di Surabaya," ujar dia.

Dia mengharapkan terobosan-terobosan semacam itu terus dicari dan dilakukan, khususnya dalam menyediakan rumah sakit darurat COVID-19 (RSDC) di lahan-lahan kosong Surabaya.

Maklum, kapasitas rumah sakit penanganan COVID-19 di Surabaya saat ini hampir penuh seiring meningkatnya kasus virus corona.

Adi pun menyoroti kebijakan puskesmas buka 24 jam. Dia meminta pemkot perlu segera menyiapkan tenaga-tenaga kesehatan dan peralatan medis yang dibutuhkan.

"Sehingga Puskesmas menjadi tempat jujukan pasien ketika keadaan darurat," ujar dia.

Pemkot Surabaya didorong untuk terus melakukan upaya-upaya luar biasa dalam menangani COVID-19.
Sumber Antara