DPR Desak Kemenperin Audit Pabrik Gula PT KTM di Jawa Timur

Senin, 19 Juli 2021 – 05:30 WIB
DPR Desak Kemenperin Audit Pabrik Gula PT KTM di Jawa Timur - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Petani memanen tebu untuk dikirim ke pabrik gula di kawasan Wonoayu, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (27/5). Antara Jatim/Umarul Faruq

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Anggota Komisi VI DPR Mukhtarudin mendorong Kementerian Perindustrian menindaklanjuti aduan Federasi Serikat Pekerja Badan Usaha Milik Negara Bersatu (FSP BUMN Bersatu) yang meminta Kemenperin mencabut izin pabrik gula PT Kebun Tebu Mas (KTM) di Jawa Timur.

"Kemenperin mesti menindaklanjuti aduan atau laporan tersebut karena jika dilihat dari poin-poin aduan yang dibuat FSP BUMN yang beredar di media, ada sejumlah persoalan serius yang mesti dibuktikan kebenarannya," kata Mukhtarudin lewat keterangannya di Jakarta, Minggu.

Mukhtarudin menyarankan adanya audit terhadap pabrik gula PT KTM yang diduga melakukan sejumlah pelanggaran.

Menurutnya, upaya audit mampu membuat Kemenperin dapat mengambil kebijakan dengan memenuhi kaidah-kaidah aturan yang berlaku.

Kemenperin nantinya bakal memiliki kewenangan penuh mencabut izin operasi PT KTM jika terbukti melanggar.

“Pencabutan izin harus dilakukan sebagai upaya membenahi sektor industri gula tanah air kita," tegasnya.

Mukhtarudin juga menyarankan agar Kemenperin melibatkan pemangku kepentingan lainnya saat melakukan audit terhadap PT KTM.

"Kemenperin agar juga melakukan koordinasi dengan lembaga/instansi lain yang terkait untuk melakukan investigasi tersebut," ucapnya. (mcr6/antara/jpnn)

DPR mendesak Kemenperin mengaudit pabrik gula PT KTM di Jawa Timur yang dianggap bermasalah.