Tanpa Kejelasan Status, Jenazah Warga Isoman Dikubur di Makam Kampung

Jumat, 16 Juli 2021 – 14:45 WIB
Tanpa Kejelasan Status, Jenazah Warga Isoman Dikubur di Makam Kampung - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - DPRD Surabaya menyoroti banyaknya warga isoman meninggal lalu dikubur di makam kampung. Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony menyampaikan banyak warga Kota Pahlawan yang menjalani isolasi mandiri (isoman) meninggal dunia.

Masalahnya, jenazah mereka lantas dikuburkan di permakaman kampung tanpa diketahui terlebih dahulu, apakah positif COVID-19 atau tidak.

"Sekarang ada tren, warga isoman meninggal dimakamkan nonprotokoler di makam kampung," kata Thony, Jumat (16/7).

Parahnya, banyak warga yang bertakziah, sehingga berpotensi menjadi klaster kasus baru COVID-19.

Menurut Thony, menghormati para almarhum itu merupakan kewajiban, tetapi juga harus memikirkan kelangsungan kesehatan dan hidupnya mereka yang masih hidup.

Thony tak setuju bila jenazah pasien COVID-19 dimakamkan di tempat permakaman kampung. Pasalnya, berpotensi menimbulkan kerumunan dan dekat dengan permukiman penduduk

"Celakanya, warga sekitar memakai air sumur yang digali bersebelahan makam. Ketika rembesan makam masuk ke sumur, itu, kan, bisa repot nantinya," ujar dia. (antara/mc13/jpnn)

Legislator menyoroti tren banyaknya warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) meninggal dan dikuburkan di makam kampung.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News